Kamis, 25 Desember 2008

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan




Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu fakultas dari tujuh fakultas di lingkungan Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon yang menyelenggarakan program pendidikan tenaga kependidikan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tenaga kependidikan, FKIP Unswagati Cirebon berperan penting dalam menghasilkan tenaga pendidik atau guru pada tingkat dasar dan menengah yang memiliki kemampuan akademik dan keahlian yang handal.

Dari tahun ke tahun FKIP Unswagati Cirebon terus berupaya membenahi diri guna menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin berat. Pemberlakuan PP No. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pada tanggal 16 Mei 2005 dan Undang-undang Guru dan Dosen pada tanggal 6 Desember 2005 telah mengisyaratkan tantangan tersebut. Setiap guru harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang tinggi agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya secara profesional. Dengan kualifikasi akademik dan kompetensi tersebut guru dipandang sebagai agen pembelajaran (learning agent) dan transfer pengetahuan (transfer of knowledge). Implikasinya, setiap guru disyaratkan berpendidikan jenjang Starata Satu (S1) atau Diploma Empat (D4) dan memiliki sertifikasi sebagai tenaga pendidik. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut FKIP Unswagati Cirebon berupaya menjadikan dirinya sebagai lembaga kajian ilmiah, mandiri, dan religius.

Visi, Misi, dan Tujuan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Cirebon memiliki visi sebagai berikut. Pada tahun 2009 FKIP Unswagati Cirebon menjadikan dirinya sebagai fakultas unggulan, dalam arti mandiri dan kompetitif dalam memenej, merekrut calon mahasiswa, dan menghasilkan sarjana pendidikan yang berkualitas berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan stakeholders institusi pendidikan pemerintah dan swasta maupun institusi lain di masyarakat.

Untuk mewujudkan visi di atas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon mengemban misi: (1) mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan bidang studi dan keahlian setiap program studi dan (2) menciptakan iklim pendidikan yang kondusif agar tercipta proses belajar mengajar yang bermakna (meaningful learning).

Sejalan dengan visi dan misi di atas, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon bertujuan menghasilkan lulusan lulusan yang berkualitas unggul dan profesional sesuai dengan program studi yang dikembangkan sehingga mampu mengisi berbagai peluang kebutuhan tenaga profesional sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu, FKIP Unswagati terus meningkatkan kinerja dan citranya sebagai fakultas unggulan dengan berpegang pada prinsip penataan dan perbaikan secara terus-menerus.

Staf Pimpinan

Dekan:
Dr. Djohan Rochanda Wiradinata, M.P.
PDI
:
A. Gahozali N., Drs.
PDII:
Sri Kustini, Dra.
PDIII:
Sugeng Muslimin, Drs., M.Si.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kajur:
Jaja, Drs., M. Hum.
Sekjur
:
H. Suparno, Drs.
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Kajur :
Djauhari Effendi, Drs.
Sekjur:
Aryati Sofiatin, Drs.
Prodi Pendidikan Matematika
Kajur:
Ena Suhaena Praja, Drs., M. Pd.
Sekjur
:
Wawan Irmawan, Drs.
Prodi Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kajur
:
Endang Herawan, Drs., M.M.
Sekjur:
Ratna Tiharita S., Dra., M.M.
UPT PPL
:
Iin Wariin B., Drs.

Program Studi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon memiliki empat program studi. Keempat program studi itu telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Keempat program studi dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Terakreditasi B).
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi C).
  3. Program Studi Pendidikan Matematika (Terakreditasi B).
  4. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi (Terakreditasi B).
Di samping keempat program studi di atas, FKIP Unswagati Cirebon juga menyelenggarakan program perkuliahan Akta IV yang diperuntukkan bagi para lulusan program sarjana nonkependidikan yang berminat untuk menjadi guru.

Beban Studi

Beban studi mahasiswa untuk menyelesaikan program pendidikan sarjana pada setiap program studi di lingkungan FKIP Unswagati Cirebon berkisar antara 154-160 SKS dan dapat ditempuh dalam delapan semester atau empat tahun.

Mahasiswa transfer atau pindahan, baik pindahan dari sebuah perguruan tinggi maupun melanjutkan dari jenjang D2, D3, dan Sarjana Muda dapat menyelesaikan studi pada kurun waktu tertentu sesuai dengan hasil konversi mata kuliah yang telah ditempuh pada perguruan tinggi sebelumnya (PT asal).

Biaya Studi

Biaya pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon cukup terjangkau. Biaya tersebut meliputi uang kuliah (SPP), Dana Pengembangan Pendidikan (BPP), dana pembangunan, dana kemahasiswaan, asuransi, serta biaya praktikum dan bimbingan/ujian skripsi. Besarnya biaya pendidikan ditentukan setiap tahun.

Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon terdiri atas mahasiswa reguler dan mahasiswa transfer. Mahasiswa reguler berasal dari lulusan SMU, SMK, dan MA atau sederajat, sedangkan mahasiswa transfer berasal dari mahasiswa pindahan dari sebuah perguruan tinggi, melanjutkan (anvulen) dari program pendidikan D2, D3, serta Sarjana Muda, dan sarjana nonkependidikan yang menempuh program Akta IV.

Dosen

Mata kuliah yang ditawarkan pada setiap program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon dibina oleh 80 orang dosen yang kompeten dalam bidangnya. Dosen di lingkungan FKIP Unswagati Cirebon berpendidikan S1, S2, dan S3 dengan jabatan akademik fungsional asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan guru besar, baik berstatus sebagai dosen tetap, dosen tidak tetap, maupun dosen luar biasa.

Sarana

Perkuliahan ditopang oleh sarana dan prasarana yang memadai, antara lain sebagai berikut.
  1. Ruang kuliah berlantai tiga dan ber-AC.
  2. Laboratorium Bahasa.
  3. Laboratorium Komputer.
  4. Microteaching
  5. OHP dan ICD/Infocus.
  6. Perpustakaan.
  7. Mesjid/Musala.
  8. Lapangan Olah Raga (Tenis lapang, Basket, dll.).

Wadah Pengembangan Bakat dan Minat

Guna menampung pontensi-pontensi mahasiswa yang memiliki bakat dan minat, FKIP Unswagati Cirebon menyediakan wadah pengembangan bakat dan minat yang disebut Unit Kegiatan Maha-siswa (UKM), antara lain sebagai berikut.
  1. UKM Kesenian.
  2. UKM Olah Raga.
  3. UKM Kerohanian IMMNI.
  4. UKM Resimen Mahasiswa.
  5. UKM Koperasi Mahasiswa.
  6. UKM KSR-PMI.
  7. UKM Pencinta Alam.

Beasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon memberikan beasiswa kepada para mahasiswa yang berprestasi. Jenis beasiswa yang tersedia adalah sebagai berikut:
  1. Yayasan Swadaya Gunung Jati.
  2. PPA, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas.
  3. BBM, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas.
  4. Yayasan Supersemar.
  5. Student Grant.
  6. PT Djarum Kudus.
  7. PT Indocement.
  8. Yayasan Bakti Umat.
  9. Bazis Kota Cirebon.

Informasi Kelas Karyawan klik disini.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar